Jika mempunyai bisnis apa pun, salah satunya dalam bisnis pengiriman ekspor impor , salah satu tantangan terbesar dalam dunia bisnis adalah mengoptimalkan waktu serta kemudahan dalam pengemasan dan pengiriman barang logistik. Artinya, bagaimana kemampuan Anda untuk menangani atau mengangkut barang dari titik “A” ke “B” dengan biaya yang terjangkau dan cepat sampai tujuan

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah diatas yakni anda dapat menggunakan pallet plastik untuk menyimpan persediaan barang di gudang atau sebagai wadah penampung produk saat pengiriman ke berbagai tempat baik antar kota, luar kota maupun keluar negeri. Perusahaan pun harus lebih cerdas dalam pemilihan pallet plastik.

Di Indonesia perusahaan banyak sekali menggunakan pallet kayu ketimbang pallet plastic untuk menyimpan persediaan barangnya, padahal sebenarnya pallet yang berbahan plastik memiliki banyak keunggulan yang lebih menguntungkan perusahaan. Misalnya, dari segi biaya lebih murah, lebih tahan lama dan lebih menghemat waktu untuk pengiriman barang karena setiap pallet plastic ada lobang entry untuk forklift sehingga mempermudah dalam mengangkat pallet plastic .

pallet plastik

1.  Alat Pengiriman yang Ringan

Dalam pengiriman suatu produk, berat merupakan hal paling penting & utama yang harus Anda perhatikan. Karena jika ingin mengurangi biaya tambahan, penting sekali untuk menghindari apa pun yang dapat menambah ukuran kilogram berat dari produk Anda.

Pallet plastik memiliki keunggulan lebih ringan dibandingkan pallet kayu atau yang terbuat dari bahan lain. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, Anda dapat menghemat biaya pengiriman, terutama jika perusahaan mengirim barang yang biaya per satuan berat. 

Penanganan produk juga akan lebih mudah karena Anda tidak membutuhkan alat angkat beban yang canggih dan mahal. Cukup banyak eksportir dan importir yang menggunakan pallet plastik karena memang sudah terbukti menghemat biaya. Pada kebanyakan kasus, Anda juga dapat menemukan bahwa Pallet plastik dengan ukuran dan desain yang sama dengan Pallet kayu sekitar 27% hingga 34% lebih ringan. Artinya, biaya pengiriman menggunakan pallet plastik lebih rendah dibandingkan dengan memakai pallet kayu.

pallet plastik rabbit

2.  Menghemat Ruang

Dalam bentuk pengiriman apa pun, berat dan ruang adalah hal yang menentukan biaya. Anda dapat memilih Pallet plastik bersarang. Karena nantinya selama perjalanan pulang, saat Palet kosong, Anda bisa menghemat lebih dari sepertiga ruang yang tersedia. Pallet plastik juga memiliki struktur penampang yang tipis bila dibandingkan dengan palet kayu. Hal baiknya adalah, meski dengan strukturnya yang tipis, Pallet plastik masih bisa menahan lebih banyak beban. Singkatnya, fitur hemat ruang adalah salah satu keunggulan dasar Pallet plastik yang akan membantu Anda menghemat biaya kirim.

3. Lebih Awet dan Tahan Lama

Pallet plastik lebih tahan lama dibandingkan pallet kayu. Jika pallet kayu awet dari 3 hingga 5 tahun. Tidak demikian halnya dengan pallet plastik yang bisa awet hingga 10 tahun. Selama Anda memuat Pallet plastik dengan spesifikasi yang benar, Palet jenis ini dapat menemani Anda lebih dari 250 perjalanan. Karena alasan inilah pallet plastik populer dikalangan pebisnis.

Selain itu pallet plastik dapat menahan guncangan dan dapat menangani suatu produk dengan aman. Dalam keadaan normal, Pallet plastik juga tidak pecah. Ini membuat Pallet plastik menjadi investasi yang layak dalam sistem loop tertutup (di mana Anda dapat menggunakan Palet berulang kali). Tentu saja, hal ini juga dikaitkan dengan pilihan material dan proses pembuatannya. Beberapa bahan yang paling populer untuk pembuatan pallet plastik adalah polypropylene (PP) dan high-density polyethylene (HDPE) salah satunya yakni berupa produk pallet plastik dari Tunas Mitra Makmur. 

4. Pallet Plastik Lebih Mudah Dibersihkan  

Keunggulan utama dari Pallet plastik adalah kemudahan dalam membersihkannya. Anda dapat membersihkan Pallet plastik dengan menyemprotkan air ke permukaannya menggunakan selang air. Hal ini tidak terjadi pada Palet kayu. Saat Anda membersihkan Palet kayu dengan air, permukaannya akan tetap basah, sehingga mendorong tumbuhnya jamur. Tes mikrobiologi juga telah mengungkapkan bahwa terdapat patogen di Palet kayu. 

Dengan pallet plastik, Anda tidak perlu khawatir rayap atau patogen dapat menyerang produk Anda. Ingat, kebersihan adalah aspek penting karena biaya kontaminasi dapat membuat bisnis Anda terancam nantinya.

5. Tahan Terhadap Sebagian Besar Cuaca/Kondisi Lingkungan

Cukup banyak pallet plastik baik yang berbahan PP maupun HDPE. Namun, dalam beberapa kasus, produsen Pallet plastik dapat memilih campuran bahan PP dan HDPE. Terutama untuk Pallet plastik daur ulang. Keunggulan utama Pallet plastik ialah kemampuannya untuk menahan sebagian besar kondisi cuaca yang dapat mengganggu kinerja yang tidak diinginkan. Semisal, pallet plastik yang dapat tahan terhadap kelembapan dan korosi.

Untuk alasan inilah Anda akan menemukan sebagian besar Pallet plastik drum di industri perminyakan terbuat dari bahan HDPE. Selain itu, Pallet plastik tahan terhadap guncangan, asam lemah dan basa, sehingga cocok untuk hampir semua kondisi cuaca. Hal inilah yang menjadikan pallet plastik sebagai alat pendukung yang harus dimiliki dalam bisnis.

6. Mudah Digunakan dengan Forklift

Dengan entri forklift 4 arah, Anda dapat dengan mudah memuat dan menurunkan Pallet plastik serta meningkatkan kecepatan penanganan produk di dunia industri, gudang, kapal, otomotif, jasa pelayanan kantor pos dll. Hal yang menarik tentang pallet plastik adalah meskipun dengan fitur ini, Pallet plastik tetap kuat dan dapat menahan beban yang sangat berat. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menemukan Pallet kayu hanya memiliki entri forklift dua arah.

7. Tersedia dalam Banyak Pilihan Desain (Baik Sederhana & Kompleks)

Fleksibilitas dalam desain merupakan masalah kritis dalam penanganan produk. Melalui inilah Anda bisa mendesain pallet plastik anda sendiri untuk aplikasi khusus seperti pallet plastik anti tumpahan atau Pallet plastik pengendali tumpahan.

Anda dapat mencetak Pallet sesuai keinginan Anda sendiri untuk berbagai aplikasi di mana jenis beban yang mereka tangani bergantung pada desain uniknya. Selain itu, Anda juga dapat menyertakan fitur khusus lainnya pada palet anda seperti identifikasi RFID atau properti anti-statis. Fitur tersebut membuat pallet plastik lebih fleksibel dan semakin serbaguna. 

Singkatnya, kesederhanaan atau kerumitan desain Pallet plastik akan bergantung pada aplikasi spesifiknya yang unik. Untuk informasi lebih lanjut, pertanyaan mengenai pallet plastik, harga pallet plastik dengan harga termurah , jangan ragu untuk menghubungi kami PT AVIPEN ADHITAMA